Pengalaman Sewaktu suka Tidur 2-3 jam Saja Perhari

Dalam kesehariannya selain hari Minggu, saya biasa mulai bekerja pada pukul 06:30 pagi dan selesai bekerja pukul 22:00 malam.Saya biasa akan mulai mencari ide dan menulis apabila anak-anak asuh saya sudah tidur lelap sekitar satu sampai satu setengah jam kemudian. Sebetulnya di kala begadang, saya tidak hanya menulis tetapi terkadang hanya sekedar membaca.Baik dari buku atau media online .

Bagaimana ya, sepertinya konyol jika sehari hanya tidur selama dua atau tiga jam saja.Akan tetapi karena saya mempunyai sikap senang dengan apa yang saya lakukan, maka saya tidak pernah mengeluh jika mata saya terkadang mengantuk,menguap beberapa kali, ada warna hitam di lingkar mata saya, rasa nyeri pada otot, badan terasa lelah dan tak berdaya, juga kecepatan berpikir saya menjadi berkurang.

Suasana yang sangat saya nikmati adalah malam hari. Selain tenang, pada malam hari tepat untuk memanjatkan apa yang jadi harapan dihati dan berdo’a.Mengingat hidup di zaman sekarang itu susah bagi kalangan hidup seperti saya yang bekerja bermodalkan tenaga.Semalam ketika membuka artikel yang saya cari dari Google tentang ”Begadang dan Dampak Negatifnya” saya terkejut sekali melihat dampak dari kurang tidur ada yang mengatakan bisa terserang Penyakit Gagal  Jantung, Diabetes, Hipertensi, Maag, Stroke dan bahkan meningkatkan resiko kematian.

Setelah mengetahui berita ini, saya tidak tau apakah mulai nanti malam saya akan tidur lebih awal dan akan mengubah kebiasaan buruk saya untuk mau hidup dengan pola yang sehat. Atau masih tetap mempertahankan kebandelan saya begadang tiap malam. Bagaimana pun juga selama ini saya merasa keadaan tubuh saya sehat.Syukur, Alhamdulillah. Mungkin saya punya cara sendiri untuk beradaptasi dengan waktu ketika kantuk mendatangi saya dengan cara yang saya sendiri tidak menyadarinya. Diantaranya adalah sebagai berikut;

1). Saya suka banyak minum air putih

2). Saya menghindari berpikir keras apapun itu masalahnya

3). Sekalipun terkadang kurang nafsu makan tetapi saya rajin makan buah dan sayur

4). Merefleksikan tubuh setiap kali rasa lelah mengganggu

5). Mendengarkan musik dua atau tiga kali

6). Menjejal mata dengan kata-kata positif atau motivasi

7). Menyanyi saat suasana memungkinkan

8). Mengerjakan pekerjaan dengan sepenuh hati

9). Menyelangi waktu, dua hari begadang satu hari tidur agak awal

10). Sadar bahwa didalam diri belum bisa memberikan arti apa-apa baik kepada diri sendiri atau orang lain

Nah, barangkali yang ke-10 itu yang paling mendasarinya. Sampai terkadang saya lupa akan linu di sendi dan pusing di bagian kepala .

2 thoughts on “Pengalaman Sewaktu suka Tidur 2-3 jam Saja Perhari

  1. Dulu saya juga suka begadang Mbak, tapi setelahnya saya sakit agak parah dan setelah itu tidak dibolehkan begadang lagi terlalu sering :)). Sekarang-sekarang juga lebih baik tidur awal sih :hehe, jadi lebih segar di pagi hari saat bekerja :)).

Tinggalkan Balasan

