Kesertaanku dalam Kopdar Akbar Sejuta Guru Ngeblog

woowww kerennya, jumlah peserta lebih dari 400 orang :D
woowww kerennya, jumlah peserta lebih dari 400 orang 😀

Sempat hadir, saya di suatu acara yang sangat luar biasa, tepatnya hari Minggu, 15 Maret di Gedung Indosat. Sebuah acara Kopdar Akbar Guru Ngeblog bareng Indosat. Sebelumnya saya tahu bahwa acara ini juga tak jauh dari kecimpungya Om Wijaya Kusuma sebagai pelopor gurunya Bloger dan penyelenggara acara tersebut.

Mbak Meti dan Mas Ivan
Mbak Meti dan Mas Ivan

MC acara dipandu oleh Mbak Meti dan mas Ivan. Dalam sambutannya, Om Jay (sapaan keren Om Wijaya Kususma) mengatakan bahwa kegiatan acara seperti ini diadakan sangat penting sekali, selain untuk bloger acara ini juga  difokuskan untuk menyemangati para guru Indonesia. Mengingat saat ini masih banyak konten-konten yang belum ditulis oleh guru dalam dunia kependidikan. Salah satu masalahnya adalah masih adanya guru yang kurang melek akan dunia internet. Dan keberadaan Komunitas yang didirikan Om Jay tak lain yaitu untuk memberikan informasi  yang dibutuhkan oleh guru untuk meningkatkan ilmu TIK dan kepenulisan. Menurut Om Jay, menulis blog itu dari guru sangatlah penting apalagi untuk menuliskan informasi yang disukai anak-anak dan mereka bisa senang di dunia maya.

Mbak Ghina Aliya
Mbak Ghina AliyaDSC_6958Mbak Ghina Aliya sebagai perwakilan Indosat mampu menyegarkan acara yang mulai berlangsung. Berbagi Nggak pernah rugi, itu kata-kata Mbak Ghina yang saya ingat! Mbak Ghina sempat menjelaskan sedikit banyak tentang ICITY Indosat. Dimana ICITY merupakan salah satu program yang ada Dari Indosat, yang mana telah ada juga komunitas sesuai dengan kategori di bidangnya. Misal, untuk penyuka fotografi dan bakckpakperan bisa bergabung di komunitas ini.

Om Dedi Dwitagama, namanya. Nama yang baru saya dengar dan baru saya tahu kalau sebenarnya Om ini punya kemampuan dari ngeblognya yang luar biasa. Beliau menyemangati para tamu yang hadir dengan jumlah kurang lebih empat ratusan dengan beberapa hal berikut dari kemanfaatannya kenapa sih kita itu mesti ngeblog; dengan ngeblog otomatis kita jadi seorang penulis, akan menjadi pembelajar, bisa terkenal, professional beneran, be a champion, banyak relasi, meningkatkan memori dengan menulis, makin kreatif, bersinergi lebih focus, meningkatkan kemampuan mengenal dunia IT, dan bisa juga ngeblog untuk makes money ! Banyak sekali ya manfaatnya. Dan Om Dedi sudah membuktikannya sendiri, dari tulisannya di blog beliau dipernah diwawancarai oleh radio BBC London dan juga pernah mewakili Indonesia dalam Forum Internasional.

Telah hadir pula, Bpk Subakri  seorang guru yang mengajar di SDN Jambe Kumbu 01 dari Lumajang yang sangat menginspirasi. Sempat dalam wawancaranya yang dimoderatori oleh Om Namim, beliau mengaku saat itulah kedatangan Jakartanya yang pertama kalinya dan sangat merasa senang bisa datang ke Jakarta tak lepas dari ngeblog. Bpk Subakti ini dalam dunia ngeblog sangat antusias sekali untuk terus belajar mengeblog, padahal di tempatnya blog masih belum banyak dikenal. Dalam isi konten tulisannya di Blog, beliau menuliskan kisah-kisah muridnya yang sudah diracuni untuk menulis. Jargonnya yaitu “Mengajar sehari , menginspirasi seumur hidup”. Bagi teman-teman yang ingin menengok isi blognya silahkan mampir dimari ya, www.ayomendidik.wordpress.com

Selain itu juga telah hadir atas nama Mbak Amiroh Adnan. Mbak ini lebih aktif menulis tentang dunia IT. Beliau termasuk guru favorit yang aktif ngeblog, sedangkan tempat asalnya dari Jawa Timur. Yang ingin sedikit banyak mengetahui apa saja yang ditulis oleh Mbak Amiroh, silakan nyempil di sini ya amiroh.web.id

narasumber
narasumber

Setelah itu, acara kemudian di senggangi oleh isoma sebentar. Kemudian dilanjut dengan tampilnya mas Imam Suwandi, beliau lebih dikenal sebagai Pelopor Selfie di Indonesia. Bekerja di MetroTVnews.com. Mas Imam sempat memberikan trik dan tips bagaimana sih biar bisa jadi seorang Selfie Journalism dengan bermodalkan Tongsis. Menurutnya, hanya dengan tongsis dan Hp Smartfren semua orang bisa menjadi jurnalis. Berikut triknya; selfie jurnalisme yang baik itu berisikan penyampaian informasi cerita yang penting dan punya dampak untuk orang banyak. Harus ada news adjustment/news value ( 5 W + 1 H ) itu old skill yang harus dimiliki, sedangkan new skill-nya itu bagaimana kita bisa menyampaikan berita sebaik mungkin untuk audience.

Om Imam bareng peserta yang pura-pura jadi jurnalis melaporkan sebuah acara :D
Om Imam bareng peserta yang pura-pura jadi jurnalis melaporkan sebuah acara 😀

Pemanfaat tongsis untuk jurnalisme bisa untuk live on tape, live report via streaming, interview. Ada pula konten berita bisa berisikan tentang peristiwa, Human interesting, pendapat yang semuanya punya sense of news. Bagi yang berkenan silakan mampir di sini imam.suwandi@metrotvnews.com atau di cakimamsuwandi.blogspot.com

Yaelah senengnya, Om Onno yang pake baju ungu tentunya.
Yaelah senengnya, Om Onno yang pake baju ungu tentunya.

Tak kalah hebatnya lagi, ada narasumber bernama Om Onno. Beliau pernah menjadi dosen di ITB tapi demi bisa terwujudnya sebuah mimpi dari dirinya agar lebih banyak orang mengetahui ilmu yang dibagikannya, beliau senagaja mengundurkan diri jadi dosaen dan lebih focus untuk menulis di situs onlinenya.

Dengan keikutsertaan saya di acara tersebut, minimal sudah menambah wawasan saya. Aplaagi bertemu langsung dengan bloger hebat merupakan suatu kesempatan yang sangat luar biasa. Acara kemudian diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba live tweet dan lomba ngeblog.DSC_7010

Iklan

8 thoughts on “Kesertaanku dalam Kopdar Akbar Sejuta Guru Ngeblog

  1. Wah, event yang bagus dan inspiratif sekali ini Mbak untuk kaum blogger. Apalagi pembicaranya pendidik-pendidik semua, banyak ilmu yang bisa didapatkan :)).
    Terima kasih sudah berbagi :)).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s