Berpikir Negatif Adalah Candu

Pengalaman pribadi, saya akan mulai berpikir negative setiap kali sudah mengirimkan SMS kepada seseorang yang jauh di sana tetapi tidak segera mendapatkan balasan. Sebab tidak segera dibalas itu, pikiran saya langsung menganggap seseorang yang saya kirimi SMS tersebut sedang mendiamkan saya, tidak peduli dengan saya, dan hal ini membuat saya merasa tidak nyaman. Tidak satu atau dua kali hanya karena SMS saja, emosional saya jadi tidak terkendali.

Nah, ya! Kalau saya sudah mulai punya pikiran negative nih pasti saya jadi tampak lesu, tidak besemangat, terpaku pada satu pikiran hingga otak terasa beku, bibir jadi manyun, kalau sudah waktunya mandi jadi malas mandi, kalau waktunya tidur jadi nggak bisa tidur dan makan pun jadi ikut-ikutan ngambek terus jadi telat makan!

Terkait hal sepele ini, saya dapat menyimpulkan bahwa berpikir negative itu adalah candu. Sebab, disaat-saat saya sudah mulai berpikir negative maka apa yang menjadi pikiran negative kemarin-kemarin atau yang sudah berlalu secara otomatis terulang lagi. Akibat pikiran yang negative terulang lagi, jadilah bad mood pun terulang kembali dan akhirnya saya pun merasa malas lagi.

“Manusia mungkin berbuat salah tetapi yang tidak dibenarkan adalah sesuatu yang negative dan mengulangi hingga menjadi kebiasaan” (Eleanor Roosevelt)

Berpikiran negative adalah penyakit yang sangat berbahaya. Semua jenis kecanduan, pada rokok, narkoba, minuman keras, seks, televise, dan sebagainya, berakar pada pikiran yang labil atau negative

Biasanya orang yang suka berpikiran negative bermula dari kepribadian yang negative.

Sebagai intropeksi diri saya dan anda, mari kita mengenal berbagai kepribadian negative :

1). Adanya keyakinan dan bayangan negative

Ini sering kali saya alami, setiap kali saya mengkhawatirkan diri sendiri malah yang ada, bayangan masa depan yang ada di depan mata saya itu serba tidak pasti! Jika pikiran sudah teracuni oleh bayangan negative seperti ini, dunia saya rasa menjadi gelap, dan tidak menyenangkan. Semua tampak buruk bagi saya…

2). Menolak perubahan

Bagaimana orang yang punya pikiran negative bisa berubah, jika pikirannya sudah membeku dengan bayangan negative saja. Perubahan yang dilakukan seseorang hanya akan bisa dilakukan dengan pikiran yang jernih. Kalau saya, biasanya saat males jadi suka mengulur-ulur waktu. Cara ini, salah satu penolakan saya pada perubahan (yang lebih baik…)

3). Tidak berperan aktif menyelesaikan masalah

Orang yang punya pikiran negative biasanya akan lebih memikirkan masalah itu sendiri daripada solusi yang harus diambil dan dijalani. Adanya masalah untuk diatasi, tapi kalau pikiran negative sedang dihadapkan oleh masalah. Justru pikirannya akan pasif dan menjadikan ia tak mampu mnyelesaikan masalah yang dihadapinya.

4). Selalu mengeluh, mencela, dan melihat sisi negative dari segala sesuatu

Orang yang punya pikiran negative, maka kata-kata yang ada didalam benak pikiran dan hatinya pun akan serba negative. Sehingga dalam hatinya akan mengeluh dengan kata-kata negative, jika tidak terkontrol lagi maka keluhan dalam hatinya akan terlampiaskan dengan kata lisan yang tak senonoh, mencela, mencemooh dan sebagainya.

5). Selalu merasa frustasi, sendiri, dan gagal

Frustasi ada akibat dari ketidak berperan aktifnya dia mengambil tindakan solusi. Tak mampu berpikir jernih dan jadilah ia merasa tidak berdaya. Lebih suka sendiri sebab ia menganggap orang lain itu negative. Dan hanya dirinya yang baik, atau sebaliknya ia terlalu meninggikan orang lain dan menganggap buruk dirinya sendiri! Sikap frustasi dan sendiri ini bisa mendorong seseorang untuk membandingkan dirinya dengan orang lain, melihat orang lain yang berhasil dengan usahanya menimbulkan perasaan gagal pada dirinya.

6). Hasil kerja dan capaian individunya lemah

Sebab tidak adanya semangat hidup membuat bekerja itu merupakan suatu hal yang biasa. Semangat kerj ayang pas-pasan membuat hasil kerjany apun pas-pasan dan biasa-biasa saja.

7). Senang menyendiri dan tidak mampu bersosialisasi hingga tidak punya sahabat

Kenapa orang yang suka berpikiran negative lebih suka menyendiri? Sebab keadaan yan paling nyaman bagi  mereka ialah ketika ia sedang sendiri. Dengan sendiri ia hanya akan punya pikiran sesuai dengan apa yang dipikirkannya saja. Sehingga antara salah dan benar bagi pemikirannya semuanya benar sesuai persepsi pikirannya sendiri.

8). Sangat mungkin terserang penyakit jiwa atau penyakit tertentu

Iri hati, dendam, dan berprasangka buruk itu penyakit jiwa. Obatnya hanya diri kita sendiri. Sebab hanya diri kita sendiri yang sanggup untuk mengendalikan emosi dan pikiran negative kita. Memang caranya tidak mudah untuk lari dari yang serba negative ini selain dengan niat yang sungguh-sungguh saja.

Dikaitkan dengan bisa terserang penyakit tertentu, itu sangat mungkin sebab seperti yang kita tahu orang pemarah akan mudah terserang penyakit darah tinggi, sakit kepala, jantung dan stroke yang berujung  : Kematian!

Sumber Referensi : Terapi Berpikir Positif, Karya Dr. Ibrahim Elfiky

Iklan

3 pemikiran pada “Berpikir Negatif Adalah Candu

  1. Hm, demikian ya… terima kasih untuk pandangan dan penjelasannya. Semoga kadar berpikir negatif ini dapat dikurangi sampai pada tingkat yang dapat dikendalikan, bahkan kalau mungkin, dihilangkan :amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s