Motivasi Saya Untuk Hari Ini…

“Kita sebagai remaja, bangkit dari keterpurukan hidup itu penting!”
Masa remaja selain merupakan masa yang indah penuh dengan suka-cita, sudah tentu duka juga tetap akan ada. Masalah yang dihadapi oleh remaja sangatlah bervariasi. Dan jika kalian tahu judul buku “Chicken Soup For The Teenage Soul”, kurang lebihnya permasalahan remaja seperti yang terulas dalam buku tersebut. Dimana akan ada banyak cerita tentang  pelajar remaja yang frustasi karena kesulitan belajar di sekolahnya, ada yang depresi karena keluarganya yang broken home, ada pula remaja yang stress karena putus pacar, mempunyai rasa minder bergaul dengan teman, pacaran lalu hamil diluar nikah dan sebagainya.
Remaja satu degan remaja lainnya dalam menghadapi sebuah masalah tentunya tidak akan sama. Remaja yang punya sikap terbuka kepada teman dekatnya mungkin lebih mudah memecahkan masalahnya daripada remaja yang bersikap tertutup dan pemurung.
Saya boleh dibilang sebagai anak muda perempuan yang sudah menginjak usia remaja alias ABG. Terkadang saya merasa sudah dewasa, dan ada kalanya pula saya masih belum bisa mengendalikan diri (bersikap kekanak-kanaan). Secara fisik, saya sudah tergolong  anak remaja yang matang. Tapi, secara psikologis (kemampuan berpikir dan merasakan/memutuskan sesuatu) masih belum seutuhnya matang. Semua tidak lepas dari tingkah laku dan kebiasaan saya sebelumnya.
Latar belakang kita yang berbeda menjadikan sebagian masa remaja kita ada yang menyenangkan dan ada juga yang tidak. Namun, yang terpenting ialah tentang bagaimana kita bijaksana terhadap kenyataan yang kita hadapi.
Masa remaja, identik dengan masa indahnya menjalin pertemanan, masa keemasan untuk mengumpulkan ilmu, dan semangat demi masa depan.
Remaja hendaknya jangan terjatuh hanya karena hal-hal berikut ini;
1). Karena Cinta
Katanya, kalau sudah cinta susah mau bilang apa? Remaja atau ABG dikalangan masyarakat kita telah banyak teracuni oleh siaran acara sinetron yang ada di layar Televisi. Banyak yang menganggap bahwa, anak puber yang gaul ya yang enggak jomblo gitu lho. Anak jomblo biasanya suka galau, bukankah ini masalah?
Karena cinta, banyak yang patah hati karena putus cinta. Karena cinta, banyak yang merelakan diri jatuh dalam limbah dosa. Misalnya, hamil di luar nikah dsb. Cerita tentang anak puber gantung diri setelah putus cinta pun ada kan? Cinta yang salah ialah cinta yang terlalu dicintai, sehingga ketika putus cinta/ terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dari bercinta membuat dirinya sendiri stress dan frustasi.
2). Karena Merendahkan Diri
Rendah hati dengan rendah diri itu jelas berbeda. Kalau rendah diri sama saja kurang percaya diri, menganggap orang lain lebih mampu/hebat daripada kita. Padahal orang lain yang lebih mampu/hebat daripada kita itu semua tak lepas dari usahanya masing-masing.
Biasanya remaja yang kurang bergaul akan mempunyai kecenderungan bersikap tertutup dan pemalu. Ia akan sangat mudah terkena penyakit minder, kurang percaya diri dan pemalu. Maka dari itu, bagi kalian yang merasa masih suka menyendiri ayo segera move on ya! Tidak ada kata terlambat untuk berubah menjadi baik, demi kebaikan diri kita sendiri juga.  Yakinkanlah bahwa percaya diri itu penting untuk dimiliki oleh kita semua, dan akan menjadi dasar utama bersosialisai.
Percaya diri dapat dihadirkan ada pada diri kita jika kita bisa mengenal siapa diri kita(menerima kekurangan dan kelebihan diri). Mengasah potensi yang ada pada diri kita. Dan punya mental positif!
3). Karena tidak mengerti arah dan tujuan masa depan sendiri
Hidup itu menurut saya bagaikan sebagai resiko dari sebuah pilihan yang telah kita pilih. Saat ini yang kita miliki tentunya ada kegagalan dan keberhasilan. Seberapa dalam kemampuan yang kita miliki semua bergantung pada usaha yang telah kita upayakan.
Kenyataan yang ada di depan mata kita sekarang entah pahit atau manis, itu merupakan buah dari apa yang telah kita pilih dan lakukan. Dan saat kita terjatuh karena sesuatu, sering kita ingin menyerah menghadapi hidup ini. Kurang bergairah dalam menjalani hidup, tak semangat, membuat pikiran kita kurang mampu berpikir secara optimal.
Jika kita tak tau arah tujuan hidup, kita akan mudah terpengaruh oleh orang lain. Yang berbahaya jika terpengaruh pada hal-hal yang negatif. Kita akan menjadi orang yang tak bisa mengendalikan diri!
Melihat berbagai macam persoalan yang sudah kita ulas di atas, tak jarang dari kita hidup di masa remaja itu seolah terasa sulit! Sebagai remaja, tanpa adanya semangat hidup yang membara maka kita tidak akan punya arahdan tujuan hidup. Lalu, apa yang bisa membuat kita semangat selain kita punya mimpi/cita-cita?
Menjadi remaja muda bersemangatlah, bermimpilah yang realistis sesuai dengan bakat dan kemampuan/potensi yang sudah kita miliki.
Boleh galau karena cinta, tapi sewajarnya saja. Boleh minder dan iri, tapi minder dan irilah dengan teman-teman yang berprestasi sehingga kita terpacu untuk berusaha semaksimal mungkin dan mau berlomba-lomba dalam kebaikan/prestasi. Dan yang tak kalah pentingnya yaitu memahami arah tujuan hidup kita kedepan, itu merupakan vision yang akan menjadi semangat kita hidup sebagai remaja yang bahagia.
Sebab remaja yang bahagia itu bukan remaja yang harus kaya dari segi materi, yang cantik/cakep, pandai bergaya, melainkan kaya akan kebahagiaan yang ada didalam hidupnya.
Ingatlah, perjalanan hidup setelah remaja itu sangat panjang dan tanggung jawab kita akan semakin besar. Kita yang perempuan akan menjadi ibu, dan yang laki-laki akan menjadi seorang ayah tentunya. Kita akan dihadapkan pada lingkungan masyarakat, dihadapkan pada kebutuhan berumah tangga dan kehidupan yang demikian itu akan terus berjalan/bergulir.
Selagi masih muda, semangat! Sekali terjatuh, yuuuk bangkit lagi. Jika jatuh lagi, jangan pikir dua kali untuk segera bangkit dan bangkit lagi.
Iklan

5 thoughts on “Motivasi Saya Untuk Hari Ini…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s