Rahasia Meracuni Anak Agar Doyan Membaca

140827049828282335
Peran orang tua mendampingi anak sangat utama khususnya untuk menanamkan budaya membaca/ dokpri

Sebagai orang tua pasti semua menginginkan anak- anaknya kelak menjadi murid berprestasi dalam mengikuti kegiatan di sekolahnya, mungkin sampai ke jenjang perguruan tinggi. Bukan jamannya mewariskan sepetak sawah kepada anak- anaknya atau mewariskan barang berharga lainnya untuk bekal anak di usia dewasanya. Selain saat ini petani semakin berkurang dan sawah- sawah sudah langka dimiliki setiap orang Indonesia.

Hehehe, jadi ingin ketawa kalau menyangkut pautkan warisan di artikel ini, intinya jaman sekarang pendidikan menjadi prioritas utama untuk siapa saja yang ingin bisa bertahan hidup di dunia ini. Baik belajar formal atau non formal, kebanyakan pembelajaran yang paling mudah didapat yaitu melalui membaca.

Membaca itu sepertinya sepele, tetapi jika tidak terbiasa juga akan sulit dijadikan sebuah kebiasaan. Semakin banyak membaca seseorang semakin luas pula wawasannya. Membaca paling bagus ditanamkan untuk anak- anak sejak dini. Sekalipun berawal dari memperlihatkan gambar- gambar saja, bagi anak- anak yang belum bisa bicara atau mengeja. Itu sudah cukup untuk merangsang keingin tahuan anak.

Se0rang ibu semestinya mengajarkan anak- anknya untuk mau membiasakan diri membaca, artinya seorang ibu itu sendiri juga harus banyak membaca, sebagai contoh nyata kepada anak- ankanya. Inilah berbagai cara untuk merangsang anak mau membaca;

1).  Bujuk anak mau membaca dengan cara yang halus. Misalnya dengan berjanji memberi sebutir permen jika dia habis membaca satu buku atau mengajak bermain di tempat yang ia sukai jika dia mau membaca

2). Dampingi anak saat dia membaca, mungkin si anak akan gemar bertanya tentang sesuatu yang menurutnya kurang paham.

3). Ceritakan dongeng kesukaan anak, baik sebelum tidur atau ditengah mereka sedang bermain

4). Ajak anak mengunjungi toko buku atau perpustakaan yang bisa merangsang keingin tahuannya tentang keragaman buku

5). Ajukan pertanyaan kepada anak, tentang dongeng atau cerita yang pernah mereka dengarkan sebelumnya

Jika sejak usia dini anak- anak sudah mandiri mempunyai kebiasaan membaca buku maka tidaklah mungkin jika kebiasaan ini akan terbawa sampai usia senja.

Bukti nyata negara makmur di dunia sebagaian dari mereka suka membaca. Membaca bukan sesuatu yang alakadarnya dilakukan tetapi sebuah kebutuhan. Tak beda dengan makan dan tidur.

14082724291159610541
para lansia yang masih aktif membaca di Perpustakaan Hongkong/ dokpri

Membaca dan membaca, membaca jika terbiasa bisa menjadi kecintaan di hati. Dengan membaca kita akan mengenal dunia, membaca berpengaruh pada cara kita berpikir dan bertindak.

14082729392023789391
Membaca bisa menjadi cinta tanpa mempedulikan usia/ dokpri
Iklan

3 thoughts on “Rahasia Meracuni Anak Agar Doyan Membaca

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s