Ajang Silaturahmi Dompet Dhuafa Bersama Blogger

Saat ini Dompet Dhuafa (DD) dengan segala perkembangannya, sudah dapat diakses melalui Website, Socmed (Twitter, Facebook), Youtube, Zakat TV, Majalah Swara Cinta dan Disaster Radio. Sebagai jembatan silaturahmi antara DD dengan blogger, pada hari Minggu, 16 November 2014, tempatnya di Demang Café, Jl. H. Agus Salim, Sarinah. Jakarta Pusat diadakan sebuah acara yang disupport oleh DD. Kali ini, DD ingin mengajak masyarakat terlibat dalam mewarnai pemberitaan yang lebih positif dan objektif. Melalui Citizen Journalism Indonesia (CJI), yang pada mulanya sekitar Maret-Mei bulan kemarin telah diadakan lomba blog dan vlog yang telah diikuti oleh 200 peserta dari seluruh Indonesia.

Mas Karel sebagai MC/ Sumber: Dokpri
Mas Karel sebagai MC/ Sumber: Dokpri

Tema acara yang diambil ” Everyone is Hero”. Acara dimulai sekitar pukul 13:30 dan berakhir pukul 16:30 WIB. Sebelum  acara dimulai, para tamu yang hadir dipersilahkan untuk menikmati hidangan makan siang. Melihat Mas Karel Anderson sebagai pembawa acara/moderator sangat kocak, menjadikan acara ini sangat menarik. Kelucuannya, tak mempengaruhi konten isi acara yang ada! Setelah acara dibuka, kemudian sambutan datang dari Mas Shalman, menjabat sebagai koordinator DD, yang tampil energik dan masih muda(mengingat kata ”Dhuafa”, siapa tahu terkesan bayangan koordinatornya pasti sudah tua :D).

Mas Shalman. dari DD/ Sumber: Dokpri
Mas Shalman. dari DD/ Sumber: Dokpri

Dalam sambutannya, Mas Shalman mengungkapkan keprihatinannya terhadap anak-anak muda/pelajar jaman sekarang. Satu contoh kecil misalnya, ketika kita mengetik kata di Google, dengan kata ”SMP/SMA” saja, yang akan muncul ialah banyak berita negatif-negatifnya. Sedangkan sisi positifnya sedikit/kurang ter-expose! Inilah merupakan fenomena keadaan yang ada saat ini. Atas keprihatinan ini, Mas Shalman ingin menjadikan DD sebagai suatu lembaga silaturahmi yang ditujukan untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik. Dengan mengadakan berbagai kegiatan bersifat sosial.

Gotong royong menjadi alat sebagai cara memajukan Indonesia kedepan! DD sendiri sebagai tempat donatur yang nantinya akan membantu menyalurkan hasil donatur pada siapa saja yang berhak mendapatkannya. DD mempunyai 9 cabang dari diseluruh Indonesia antara lain; Aceh, Sumatra, Yogya, Sulawesi Selatan, NTT, Papua dan cabang dibeberapa negara, salah satunya di Hong Kong, dan seperti yang sudah saya saksikan sendiri selama saya berada di Hong Kog. Di sanamemang benar-benar ada DD beserta kegiatannya.

Hero berdasarkan Mas Shalman yaitu, semua orang itu bisa menjadi hero, apabila yang dilakukan, yang dikatakan dapat membawa manfaat kepada diri sendiri dan orang lain.

Kemudian acara disambung dengan pemutaran film dari pemenang lomba pertama film dokumenter dibulan sebelumnya. Film tersebut mengulas kekreatifan suatu tempat di Jakarta yang mendaur ulang sampah, berinvestasi dengan sampah, dan menjadikan sampah sebagai sesuatu yang lebih punya nilai. Selain itu ada juga liputan tentang pembuatan pupuk yang pada mulanya berasal dari sampah. Pesan yang kita dapatkan dari film ini, minimal kita menjadi tahu bahwa untuk menjadi hero, kita bisa belajar dari hal itu. Dengan menjadikan sesuatu yang kurang bermanfaat menjadi bermanfaat.

Setelah itu hadirlah didepan panggung, Mbak Ani Ema Susanti, sebagai pemenang Film Dokumenter ketiga, dengan judul ”Kemitraan Sapi”. Dalam film ini, dikisahkan bahwa pada mulanya ada seorang didaerah terpencil/pelosok yang menginspirasi teman-temannya didaerah tersebut mempunyai tiga ekor sapi dirumahnya masing-masing. Dan inilah pandangan tentang ”Hero” menurut Mbak Ani. Bahwa hero itu siapa saja yang bisa menginspirasi dan memberikan manfaat terhadap orang lain.

Mas Fajar dikerjain sama Mas Karel :D/ Sumber: Dokpri
Mas Fajar dikerjain sama Mas Karel :D/ Sumber: Dokpri

Sebelum acara tanya jawab dimulai, masih ada DD Volunter yang memberikan presentasi. Namanya Mas Fajar Firmansyah. Dia pernah membuat film dokumentasi anak-anak Belitung dan Makasar, Sulawesi. Sebagai tolok ukur tingkat kesejahteraan anak-anak tersebut. Sering melakukan kegiatan volunter diberbagai daerah di Indonesia yang sedang mengalami bencana.

Karena MC-nya Mas Karel memang super kocak, akhirnya Mas Karel meminta Mas Fajar untuk mempraktekan bagaimana sih kalau dia sedang memberikan penyegaran/semangat untuk anak-anak depresi karena sedang terkena bencana. Pada mulanya malu-malu nih Mas Firman, tapi akhirnya PD juga. Ide brilliant nya datang seketika. Digenggamnya sebuah kertas yang sudah dibentuk menjadi bola, dan ia bilang kalau bola kertas itu dilempar ke atas, maka semua orang harus bilang ”Yeeee!” dan sebaliknya, jika bola kertas tidak jadi dilempar maka semua orang harus diam. Menarik!

Diakhir acara, Kak Anazkia terpilih sebagai koordinator blogger yang nantinya akan membantu DD untuk menyusun berbagai kegiatan blogger dari DD. Selamat untuk Kak Anaz ya :D, selamat berjuang!

Para peserta yang hadir? Sumber: Dokpri
Para peserta yang hadir? Sumber: Dokpri
Iklan

2 pemikiran pada “Ajang Silaturahmi Dompet Dhuafa Bersama Blogger

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s