Meriahnya Pembukaan Pesta Wirausaha TDA 15 Kota

14160927021673372861
Sumber: Dokpri

Tepatnya Kamis, 13 November 2014, saya mengikuti acara ”Pers Conference 15 Pesta Wirausaha TDA Periode 2014-2015, di Bakaresto Balai Kartini , Jalan Gatot Subroto no.37. Sekitar pukul 10:00 saya sampai di tempat acara, melakukan registrasi dan sejenak menunggu rekan-rekan lainnya yang akan hadir. Acara dimulai pukul 11:00, tersambut oleh sajian makan siang dan diberi kesempatan untuk shalat bagi yang berkenan.

Hampir 12:30 acara kemudian dimulai, para nara sumber dipersilahkan untuk maju kedepan. Moderator memulainya dengan sedikit banyak mengulas tentang TDA. Komunitas Tangan Diatas merupakan suatu organisasi kecil yang pada mulanya hanya ada dalam lingkup ruang yang tertutup, pendiri komunitas ini ialah Badroni Yuzirman. Dirintis sekitar tahun 2005, bermula dari kesenangan beliau menulis blog yang menceritakan jatuh bangun berwira usaha sehingga pada akhirnya ia menggeluti toko online. Ternyata, di toko onlinenya inilah usahanya semakin bagus dan banyak diminati orang. Tahun 2006, ia mengadakan kopdaran dengan peminat bisnisnya, hadirlah 40 orang pada mulanya.

Semakin ingin meningkatkan kemajuan bisnisnya, akhirnya Badroni Yuhirman bekerja sama dengan Nurbaya Initiative, yang dipimpin oleh Tofani Sadikin sebagai CEO. Peran utama Nurbaya Initiative ini memberikan solusi lengkap transaksi online dengan cara membangun ekosistem online dari para UMKM dan pelaku tekhnologi untuk menyediakan e-commerce yang lebih luas dari sekedar berjualan secara online. Pengembanagn usaha yang dilakukan yaitu dengan menawarkan kepada BPR dan lembaga keuangan non-Bank untuk mendaya gunakan penuh dari platform e-commerce demi peningkatan nasabah UMKM yang mereka miliki.

”Ekosistem Nurbaya Initiative dibentuk secara khusus dan unik, untuk membantu UKM yang awam dengan tekhnologi , untuk bisa menjangkau pasar online, mendapatkan akses pemodalan dari perbankan, dan mendapatkan solusi Nurbaya untuk berbagai permasalahannya”  berikut penuturan dari Tofani Sadikin.

Tidak lama kemudian mulailah mereka memperkenalkan dirinya masing-masing. Nara sumber yang hadir ada enam orang, dan diantaranya hadirlah Wempy Dyocta Koto, seorang Chief Executive Officer yang mana visi misinya bergabung di Komunitas TDA, untuk menjadikan UKM yang ada di Indonesia mengalami kemajuan dan perkembangan yang signifikan. Wempy ini, seorang bussines yang super sibuk keliling dunia hanya untuk urusan  bisnisnya, namun berkat rasa cintanya terhadap Indonesia yang kuat, ia sengaja menyempatkan diri untuk bisa ikut nimbrung dalam dunia wirausaha di Indonesia, salah satunya yaitu TDA.

1416092759460488025
Wempy saat memberikan sambutan/ Sumber: Dokpri

Pencapaian TDA dan Nurbaya Initiative saat ini terlihat semakin maju dan mengalami banyak perubahan yang signifikan. Jelas sudah saat ini TDA menyebar luas hampir diseluruh Indonesia. Dan 15 kota yang akan mengadakan pesta antara lain; Bekasi, Lampung, Batam, Mataram, Surabaya, Depok, Samarinda, Jambi, Yogyakarta, Medan, Tangerang, Bogor, Bali, Bogor Raya, dan akan diakhiri dengan pesta wirausaha Nasional di TMII pada tanggal 3-5 April 2015. Menghadirkan beberapa narasumber Princess Reema seorang yang dinominasikan perempuan paling kreatif 2014 dan Paul Rivera, seorang wirausaha sukses!

Tahun depan Indonesia ditantang dengan adanya pasar bebas Asean, dimana seluruh negara Asia Tenggara akan diberi kebebasan untuk memainkan pasar dari negaranya ke Indonesia dan sebaliknya. Keberadaan Wempy bergabung dengan TDA, ia mengoptimiskan Indonesia menjadi juara MEA(Masyarakat Ekonomi Asean) tahun depan. Salah satu usahanya yaitu dengan mengadakan pesta wirausaha di 15 kota ini sebagai jalan memberikan suport dan semangat maju bagi pengusaha-pengusaha di Indonesia. Bahkan, keberhasilan TDA yang sudah mempunyai wilayah perwakilan di 55 kota diseluruh Indonesia dan 3 negara luar Indonesia. Menjadikan TDA mempunyai visi pada tahun 2018 ditargetkan akan menciptakan 10.000 pengusaha Milyader.

14160928341806552867
Diakhir acara? Sumber: Dokpri

Setelah melewati sesi tanya jawab, kemudian diadakan pemotongan nasi tumpeng dan dilanjutkan dengan poto bersama. Acara ditutup sekitar pukul 14:15. Dengan keikut sertaan saya dalam acara ini, menambah wawasan saya mengenal TDA yang ada di Indonesia, serta tantangan apa yang akan dihadapi Indonesia tahun depan. Melihat kerjasama pemarkasa TDA dan partnernya yang begitu baik dan matang, saya merasa Indonesia memang harus optimis. Bahwa Indonesia pasti bisa!

Iklan

4 thoughts on “Meriahnya Pembukaan Pesta Wirausaha TDA 15 Kota

  1. Nice post! Berita bagus untuk yang lagi ingin berwiraswasta tapi masih buta teknologi dan perkembangan pasar. Tapi TDA itu kepanjangannya apa ya Mbak?

    1. TDA= Tangan Diatas
      sebuah organisasi yang menjadi mitra para UKM yang ingin mengembangkan usahanya, TDA akan membantu mempromosikan hasil UKM melalui media online dan membantu meminjamkan modal.
      terimakasih sudah mampir ya Mbak Mutia 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s